Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelas Digital Marketing

10 Tips Memilih Tempat Makrab di Jogja

tempat-makrab-jogja



Apa Aja Tips Memilih Tempat Makrab di Jogja?

Halo sobat mahasiswa Jogja. Di Jogja banyak tempat makrab yang bisa digunakan, tapi terkadang kita tidak memperhatikan hal-hal untuk persiapan penyelenggaraan makrab, dan hasilnya malah kacau, atau banyak permasalahan ketika penyelenggaraan makrab di suatu tempat makrab.

Di artikel ini akan dibahas berbagi tips  memilih Tempat Makrab Jogja. Tentu sebagai mahasiswa, tips ini sangat penting dan menjadi salah satu referensi ketika akan memilih Tempat Makrab.

Sebagai panitia Makrab (Malam Keakraban) tentu sudah diberikan tanggung jawab untuk memilih Tempat Makrab yang bagus, baik dari segi pelayanan, fasilitas dan harga. Lalu apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih referensi Tempat Makrab di Jogja?

Baca Juga: Tempat Makrab dengan Paket Kegiatan Outbound

Kita tau bahwa Jogja saat ini banyak sekali mempunyai Tempat Makrab dengan berbagai konsep tempat dan fasilitasnya. Hampir di setiap kota dan kabupaten di DIY mempunyai ciri khas masing-masing dengan Tempat Makrab yang eksotik.



Berikut Tips Memilih Tempat Makrab di Jogja


1# Menentukan Tema Makrab

Tema makrab menjadi langkah awal ketika akan menyelenggarakan kegiatan makrab, apakah di in door atau di out door. Tema kegiatan makrab menjadi penting, ini akan menentukan rangkaian kegiatan dari awal kegiatan sampai berakhirnya kegiatan makrab.


2# Jumlah Peserta Makrab

Jumlah peserta makrab sangat penting diperhatikan karena akan menentukan pilihan tempat makrab dengan kapasitas yang luas dengan fasilitas yang sesuai dengan jumlah makrab. Jangan memilih tempat makrab yang lahannya sempit ketika peserta makrab jumlahnya banyak. Pastikan terdapat fasilitas tempat luas untuk menyelenggarakan makrab dengan kapasitas peserta banyak.


3# Jarak Tempat Makrab dari Kampus

Jarak tempat makrab dari kampus menjadi perhatian panita makrab ketika memilih Tempat Makrab Jogja. Tentu di area Jogja, tempat makrab masih dapat dijangkau dengan mudah. Area di DIY yang tidak terlalu luas memungkinkan Tempat Makrab dapat ditempuh kurang lebih 1 jam (60 Menit).


4# Fasilitas Tempat Makrab

Ketika tema makrab, jumlah peserta, dan jarak tempuh menjadi 3 hal utama ketika memilih Tempat Makrab di Jogja, tips selanjutnya adalah mengetahui fasilitas tempat makrab dari penyedia jasa Tempat Makrab. Pastikan tempat makrab tersebut memiliki layanan fasilitas yang lengkap seperti area lapangan luas, Joglo atau pendopo, tempat ibadah, speaker aktif, tempat berkumpul, area istirahat atau bersantai, area olahraga, area outbound, kamar mandi atau toilet fasilitas tambahan berupa tempat camping, layanan keamanan kegiatan, atau paket kuliner.


5# Harga Paket Makrab di Jogja

Harga tentu menjadi pilihan panitia makrab ketika akan menentukan tempat makrab. Harga menjadi perhatian bagi setiap penyelenggar makrab. Pastikan memilih  harga yang sesuai dengan pelayanan dan fasilitas dari penyedia tempat makrab. Tanyakan harga dan fasilitas kepada pengelola tempat makrab secara detail ketika akan memilih tempat tersebut.


6# Dekat dengan Fasilitas Pelayanan Umum

Tips ke 6 ini juga penting ketika memilih tempat makrab. Pastikan tempat makrab yang dipilih dekat dengan fasilitas pelayanan umum, seperti puskesman, kantor polisi, dan pasar. Hal ini untuk mendukung kegiatan jika sewaktu-waktu terdapat hal yang berhubungan dengan layanan fasilitas umum, tips ini harus diperhatikan ketika memilih Tempat Makrab di Jogja.


7# Terdapat Fasilitas Asuransi

Perhatikan juga tempat makrab tersebut, apakah memiliki layanan asuransi atau belum. Hal ini merupakan bagian dari layanan tempat makrab dengan fasilitas yang baik. Pastikan tempat makrab tersebut telah memiliki atau bekerjasama dengan layanan penyedia jasa Asuransi. Hal ini untuk berjaga-jaga ketika nanti peserta makrab mengalami hal-hal yang berhubungan dengan jasa asuransi.


8# Keamanan Tempat Makrab

Tempat makrab yang baik adalah tempat makrab yang aman untuk digunakan berbagai kegiatan. Pastikan tempat makrab ini menerapkan Sapta Pesona dalam menyediakan jasa Tempat Makrab Jogja. Dengan penerapan Sapta Pesona, tempat makrab ini dipastikan memilik keamanan yang baik. Tidak hanya itu tempat makrab ini dipastikan aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan terdapat penyedia aneka oleh-oleh.


9# Terdapat Jaringan Komunikasi atau Akses Internet

Saat ini aktivitas komunikasi menjadi hal pokok dalam kegiatan harian. Tentu dalam kegiatan seperti ini juga tidak ketinggalan untuk bisa saling memberi kabar kepada orang lain, atau berbagi informasi dengan keluarga, atau sanak saudara. Dengan adanya akses komunikasi atau internet, panitia dan peserta makrab dapat saling berbagi informasi penting kepada siapa saja.


10# Terdapat Paket Kegiatan Pendukung

Kegiatan makrab tidak hanya sekedar pada aktivitas kampus dan keakraban. Kegiatan makrab akan lebih seru jika terdapat berbagai kegiatan pendukung lainnya, seperti jelajah alam, outbound, belajar kesenian tradisional setempat, wisata sejarah, dan atau kegiatan yang lain. Paket kegiatan pendukung kegiatan di Tempat Makrab Jogja juga telah banyak disediakan.

Itu tadi penjelasan tentang 10 Tips Memilih Tempat Makrab di Jogja. Tips ini harus diperhatikan bagi siapa saja yang akan memilih Tempat Makrab untuk menyelenggarakan kegiatan makrab dengan sukses. Sudah tau kan apa saja tipsnya?

Di artikel ini juga akan direkomendasikan Tempat Makrab Jogja dengan konsep desa wisata.



Rekomendasi Tempat Makrab di Jogja

Setelah membaca lengkap 10 Tips Memilih Tempat Makrab di Jogja, di artikel ini juga mengulas mengenai rekomendasi tempat makrab yang cocok untuk Mahasiswa Jogja.

Panitia makrab bisa memilih layanan jasa Tempat Makrab Jogja di Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah). Tempat ini merupakan favorit mahasiswa untuk berbagai kegiatan makrab. Di Dewi Tinalah, panitia makrab bisa membuat konsep kegiatan makrab dengan kegiatan camping.

Fasilitas Tempat Makrab di Dewi Tinalah dari segi paket kegiatan menyediakan Paket Makrab 2 Hari 1 Malam (2H1M), Paket Makrab 3 Hari 2 Malam (3H2M), atau sesuai dengan kebutuhan dari panitia makrab. Harga paket kegiatan makrab untuk paket 2H1M di tahun 2019 Rp35,000 dengan minimal peserta 50 orang. harga paket 3H2M Rp40,000 dengan minimal peserta 50 orang.

Fasilitas kelengkapan Tempat Makrab berupa bangunan Joglo, Omahku, tempat ibadah (mushola), area berkumpul, gazebo, camping ground, area outbound, kamar mandi atau toilet 21 unit, penerangan malam hari, speaker aktif, jasa asuransi, pelayanan keamanan selama kegiatan, pendampingan kegiatan.

Selain itu tersedia paket kuliner, paket sewa tenda, paket sewa panggung, paket sewa sound system, paket wisata alam, paket kegiatan outbound, paket workshop.

Itu tadi 10 Tips Memilih Tempat Makrab di Jogja dan rekomendasi Tempat Makrab di Jogja. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk penyelenggara kegiatan makrab. Selamat menyelenggarakan kegiatan makrab, jadikan kegiatan makrab untuk mengenal siapa kita dan orang lain. Segera tentukan tempat makrab pilihanmu, jangan sampai tidak dapat tempat makrab, ya.

2 komentar untuk "10 Tips Memilih Tempat Makrab di Jogja"

Kelas Digital Marketing
Kelas Digital Marketing