Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelas Digital Marketing

Kirab Budaya Merti Bumi Tinalah 2014


















Setahun sudah berlalu dari bulan yang sama di tahun lalu. Kini bulan Agustus di tahun 2014 telah datang kembali. Seperti agenda ditahun sebelumnya, yaitu Kirab Budaya Merti Bumi Tinalah.

Di tahun ini (2014), Kirab Merti Bumi Tinalah diadakan sebelum proses peringatan kemerdekaan Republik Indonesia (ke-69) yang biasanya diadakan pasca peringatan kemerdekaan. Pelaksanaan pada hari Minggu, 3 Agustus 2014. Hal ini mengingat banyaknya agenda di desa kami yang nantinya akan mempersiapkan berbagai kegiatan setelah peringatan kemerdekaan RI yang ke 69.

Tidak banyak berubah dalam kegiatan ini, materi kirab tahun ini masih mengusung hasil-hasil bumi di tanah kawasan Tinalah, Purwoharjo. Rute kirab diadakan dari dua arah, yaitu arah barat dan arah timur. Arah timur mewakili pedusunan yang berada di sebelah timur Kantor Desa Purwoharjo, dan arah barat mewakili pedusunan yang berada di sebelah barat Kantor Desa Purwoharjo.

Rute yang dilalui oleh para peserta sangat membutuhkan tenaga ekstra dikarenakan berada di wilayah pegunungan yang naik turun. Meskipun demikian, hal ini tidak mengendurkan asa para peserta kirab. Buktiny mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan menampilkan hasil bumi serta budaya yang luar biasa.

















Acara ini juga dihadiri orang nomer satu di Kabupaten Kulon Progo, Bapak  dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K). Dalam hal ini, banyak yang disampaikan oleh Beliau, termasuk untuk selalu melestarikan kebudayaan lokal, seperti Kirab Merti Bumi Tinalah ini.

Dalam acara ini tak lupa dilakukan prosesi tabor bunga di kawasan Sungai Tinalah. Proses ini merupakan simbol masayrakat untuk mengungkapkan rasa syukur atas limpahan karunia di Bumi Tinalah.


Posting Komentar untuk "Kirab Budaya Merti Bumi Tinalah 2014"

Kelas Digital Marketing
Kelas Digital Marketing