Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelas Digital Marketing

Jelajah Alam Wisata Jogja - Desa Wisata Tinalah Yogyakarta

Jelajah alam di wisata Jogja saat ini banyak dilakukan oleh para wisatawan. Selain berwisata di pusat perkotaan Jogja, kini wisatawan mulai beralih ke wisata alam yang menyajikan panorama tersendiri. Jogja mempunyai banyak tempat wisata yang berbasis panorama alam, baik di wilayah Kulon Progo, Sleman, Bantul dan Gunung Kidul. Setiap wilayah tersebut mempunyai "khas" wisata tersendiri. Di Kulon Progo dengan icon kawasan Pegunungan Menoreh, di Sleman dengan icon kawasan Gunung Merapi, di Bantul dengan icon kawasan kerajinan, di Gunung Kidul dengan icon kawasan pantai yang indah. Desa Wisata saat ini menjadi wisata yang berkembang pesat di Indonesia dengan adanya program dana desa. Sehingga potensi wisata di daerah dapat diajukan melalui program BUMDes dana desa. Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah) salah satu desa wisata di Yogyakarta berkembang dari program PNPM Pariwisata kala itu. Dan sampai saat ini terus berkembang dengan swakelola dan swapendanaan dari hasil kegiatan dan paket di Dewi Tinalah. Lokasi Dewi Tinalah berada di Kabupaten Kulon Progo, yang terkenal dengan The Jewel of Java dan program Bela Beli Kulon Progo.

Tracking Alam Desa Wisata Tinalah - Desa Wisata Jogja

Di wilayah kabupaten Kulon Progo banyak sekali desa wisata yang didirikan di masing-masing kecamatan. Hampir setiap kecamatan di Kabupaten Kulon Progo memiliki desa wisata. Di kecamatan Samigaluh, terdapat salah satu desa wisata, yaitu Desa Wisata Tinalah atau sering di sebut Dewi Tinalah dengan konsep pesona alam dan budaya. Konsep ini diambil karena karena Dewi Tinalah dikaruniai haparan alam yang indah. Pegunungan Menoreh melingkar di lokasi ini dan terdapat alisan Sungai Tinalah. Warisan leluhur di sini terjaga dengan baik. Tempat ini juga menjadi saksi sejarah perjuangan Indonesia kala itu, dengan adanya sejarah Pangeran Diponegora dan pengikutnya di sekitaran Goa Sriti. Di salah satu lokasi juga terdapat Museum Rumah Sandi yang dulu digunakan untuk menyampaikan pesan sandi tentang keberadaan Indonesia di ruang Internasional.

Saya bangga dapat tinggal di sekitaran Desa Wisata Tinalah. Hampir 26 tahun saya hidup di alam Menoreh ini yang asari dan sejuk. Keramahan warga-warga disini menjadi kunci keberlangsungan hidup di desa. Hal ini yang sangat penting dijaga, hidup dengan salaing gotong royong, membantu sesama dalam berbagai hal. Nilai-nilai kehidupan ini yang menjadi salah satu cara Desa Wisata Tinalah mengedepankan interaksi kegiatan wisatawan dan warga sekitar. 

Tempat Makrab Jogja - Desa Wisata Tinalah

Desa Wisata Tinalah yang berbasis nuansa pedesaan dengan slogan "Pesona Alam dan Budaya" cocok untuk kegiatan makrab (malam keakraban), baik kegiatan dari kampus, sekolah atau komunitas-komunitas.Kegiatan makrab di sini, peserta makrab dapat mendirikan tenda di seputaran bumi perkemahan Desa Wisata Tinalah. Peserta makrab dapat melakukan berbagai kegiatan di lokasi yang tersedia, Sungai Tinalah, Bukit Talun Miri, jalur trekking, wisata sejarah di Goa Sriti dan Museum Rumah Sandi, Embung Mini Tinalah, wisata alam Puncak Kleco. Kegiatan makrab juga dapat dikombinasikan dengan kegiatan Outbound Jogja yang dipandu oleh Tim Dewi Tinalah. Rasanya lokasi Desa Wisata Tinalah menawarkan berbagai pengalaman yang banyak untuk kegiatan makrab. Trekking malam menambah keseruan kegiatan makrab. Fasilitas makrab di Desa Wisata mencakup ruang kegiatan makrab, Omahku dan Griyawiguna, Mushola, tempat MCK, speaker aktif, lampu penerangan, keamanan dari Tim Dewi Tinalah, ruang parkir, lokasi perkemahan, lokasi outbound. Desa Wisata Tinalah menawarkan harga terjangkau untuk kegiatan makrab, dapat di lihat di www.dewitinalah.com situs resmi Dewi Tinalah.

Camping Seru Jogja – Luas Nyaman dan Aman

Panorama alam Menoreh di Desa Wisata Tinalah memang sangat indah. Deretan gunung, sungai, perbukitan, dan persawahan menjadikan area Dewi Tinalah sejuk dan udaranya segar. Di sini sangat cocok untuk kegiatan outdoor, seperti camping atau perkemahan.  Dewi Tinalah menjadi tempat yang sangat rekomendasi untuk dijadikan tempat camping Jogja. Di sini juga menjadi tempat yang tepat untuk tempat perkemahan Jogja untuk siswa-siswai sekolah. Luasnya area Dewi Tinalah dapat menampung sekitar 400an orang. Ketika mau berkemah di Dewi Tinalah, tidak khawatir  daya tampung dan luas areanya. Untuk persediaan air pun sudah terdapat fasilitas air bersih dan toilet. Peserta kemah Jogja dapat beramin di perairan sungai Tinalah yang jernih dan bersih. Jika ingin menikmati indahnya alam Dewi Tinalah dapat juga melakukan jelajah alam Jogja di kawasan pegunungan, perbukitan, persawahan, sungai, dan pemukiman warga.

tempat-camping-jogja-kemah-jogja-kemah-kulonprogo-camping-kulon-progo

Di alam Dewi Tinalah akan ditemukan beragam fauna dan flora. Terdapat burung drekuku di kawasan area perbukitan dan persawahan Dewi Tinalah. Kita dapat mengamati burung-burung tersebut. Di sungai kita dapat melihat anekaragam ekosistem di sungai, tumbuhan air dan hewan-hewan di air. Di pemukiman warga, kita dapat saling bertegur sapa dengan cara menginap dan mengikuti kegiatan-kegiatan warga sehari-hari, seperti mencari rumput, ke sawah dan merawat hewan peliharaan.

Kemah di Dewi Tinalah memberikan banyak pengalaman bagi kita. Berbagai kegiatan di Dewi Tinalah seperti jelajah alam dan mengikuti kegiatan masyarakat membuat kita semakin sadar betapa ala mini luar biasa. Diciptakan untuk kebaikan semua. Dewi Tinalah menjadi tempat camping atau kemah Jogja yang paling rekomendasi seperti disebutkan di atas tadi. Jangan lewatkan kesempatan kemah Jogja di Dewi Tinalah, kemah di kawasan pegunungan Menoreh Yogyakarta.

Posting Komentar untuk "Jelajah Alam Wisata Jogja - Desa Wisata Tinalah Yogyakarta"

Kelas Digital Marketing
Kelas Digital Marketing