Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelas Digital Marketing

8 Strategi Cara Membuat Media Pembelajaran Online - Belajar dari Rumah

8-Strategi-Cara Membuat-Media-Pembelajaran-Online-Belajar-dari-Rumah

8 Strategi Membuat Media Pembelajaran Online untuk mendukung kegiatan belajar dari rumah. Pendidik dapat menerapkan Strategi membuat pembelajaran online dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran secara online atau semi online (blended learning) atau kegiatan belajar dari rumah.

Media Pembelajaran Online yang Wajib di Kuasai

Pembelajaran online ini sangat bermanfaat bagi pendidik atau peserta didik jika kondisi pembelajaran tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka, hal ini bisa terjadi seperti kondisi lingkungan sedang terjangkit pademi, pendidik sedang sakit atau tugas luar instansi sehingga tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka, atau kondisi lain yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka.

Penting bagi pendidik memiliki kemampuan dalam mendesain pembelajaran online, sehingga kegiatan pembelajaran tetap menyenangkan bagi peserta didik.

1. Facebook Grup

Dengan Facebook Grup, Pendidik dapat membuat kelas pembelajaran online dengan menerapkan strategi kegiatan pembelajaran dengan kegiatan diskusi. Kegiatan ini merupakan pendekatan konstruktifisme dengan menekankan kegiatan-kegiatan peserta didik secara aktif. Pendidik dapat memberikan pengantar pembelajaran dengan teks, foto, video dengan konten yang kontekstual ataupun dengan berbagai permasalahan untuk merangsang pengetahuan sehingga peserta didik akan melakaukan kegiatan belajar secara aktif.

2. Google Classroom

Pendidik dapat juga membuat kelas online menggunakan Google Classroom. Fasilitas yang ada di Google Classroom diantaranya dapat mengakomodasi ruang kelas, sehingga hanya pengguna tertentu yang dapat masuk di Google Classroom berdasarkan kode yang dibuat Pendidik, atau pendidik mengundang peserta didik masuk di kelas Google Classroom. Pendidik dapat menyampaikan video pembelajaran, teks, maupun gambar. Selain itu, pendidik dapat memberikan tugas secara terstruktur di layanan Google Classroom.

3. Blogger

Google juga menyediakan layanan web-blog yang dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran online. Layanan ini bersifat geratis. Pendidik dapat mendesain web blog Blogger untuk berbagai kegiatan pembelajaran. Pendidik dapat menyampaikan materi pemalajaran (teks, gambar, video), kegiatan diskusi, dan kegiatan evaluasi.

4. Google Form

Kegiatan pembelajaran secara online dapat juga didukung dengan kegiatan penilaian / assesment / evaluasi secara online menggunakan fasilitas Google Form. Pendidik dapat membuat kegiatan penilaian dengan berbagai kategori, seperti kuis (pilihan ganda, jawaban singkat, jawaban deskripsi panjang), dan juga mengumpulkan tugas secara online.

5. Google Meet

Jika pendidik ingin melakukan pembelajaran online secara langsung (syncronous) dapat menggunakan video secara langsung. Pendidik dapat menggunakan layanan Google Meet menggunakan akun dari instansi masing-masing. Pendidik dapat menyampaikan materi pembelajaran secara langsung dan atau mempresentasikan materi pelajaran (ppt, pdf, gambar, dll).

6. Zoom

Jika pendidik tidak mempunyai akun domain resmi dari instansi untuk mengakses layanan Google Meet, pendidik dapat menggunakan layanan video konferens dari Zooo, aplikasi ini hampir sama dengan Google Meet, hanya saja jika layanan gratis dapat digunakan selama 40 menit, jika ingin menambah durasi perlu membuka link terbaru.

7. Wilangan EduSpace

Selain menggunakan beberapa apalikasi pembelajaran tersebut di atas, pendidik dapat menggunakan layanan Learning Management System (LMS) dari Wilangan EduSpace. Pendidik dapat membuat kelas pembelajaran online yang terintegrasi dalam satu layanan aplikasi LMS. Layanan dari Wilangan EduSpace mudah untuk digunakan, pendidik dapat membuat kelas pembelajaran dengan berbagai kegiatan, berbagai sumber belajar, dan berbagai bentuk kegiatan evaluasi pembelajaran.

8. Whatsapp

Sebagai pendidik tentu memiliki aplikasi chating dari Whatsapp. Layanan ini dapat juga dikembangkan menjadi suatu media pembelajaran online. Pendidik merancang kegiatan pembelajaran dengan membuat grup whatsapp kelas. Pendidik dapat menyampaikan petunjuk kegiatan dan sumber pembelajaran yang akan digunakan.

Sumber Tools Media Pembelajaran Online

---------------------------------------------
Facebook Grup - https://www.facebook.com/
Google Classroom - https://classroom.google.com/
Bloger - https://www.blogger.com/
Google Form - https://www.google.com/intl/id/forms/about/
Google Meet - https://meet.google.com/
Zoom - https://zoom.us/
Wilangan EduSpace - http://www.wilangan.com/
WhatsApp - https://www.whatsapp.com/
---------------------------------------------

Layanan Konsultasi Teknologi Pembelajaran

http://bit.ly/WAgaluhfahmi

Ditulis oleh
Galuh Alif Fahmi Rizki, M.Pd
Profil diri
LinkedIn
Google Scholar
Orcid
ResearchGate

Posting Komentar untuk "8 Strategi Cara Membuat Media Pembelajaran Online - Belajar dari Rumah"

Kelas Digital Marketing
Kelas Digital Marketing