Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelas Digital Marketing

Apa itu Traffic Sources

Berdasarkan hasil analisis web, seperti Google Analytics, traffic sources adalah laporan yang memberikan gambaran tentang bermacam – macam jenis sumber yang mengirimkan lalu lintas ke situs website anda ataupun bisnis online milik kamu. Pengunjung sebuah website (traffic) bisa datang dari berbagai sumber platform, dan disini akan dijelaskan beberapa sumber traffic yang paling tidak harus kamu ketahui sebagai pemilik website dan bisnis online.

Apa itu Traffic Sources


1.Direct Traffic

Perumpamaan mengenai direct traffic seperti orang – orang yang ingin pergi ke kedai kopi karena berniat untuk wisata jogja di Dewi Tinalah, penjelasannya direct traffic ialah kunjungan orang – orang ke website milik kamu ataupun bisnis online milik kamu karena memang sudah tahu domainnya, seperti kita telah terbiasa membuka dewitinalah, maka akan terbiasa membuka dewitinalah.com.

2.Referral Traffic

Jenis traffic ini adalah kunjungan dari user/visitor yang mengklik link yang ada di website lain, contohnya seperti kita membuka link berita kompas.com yang ada di website lain seperti republika perumpamaanya, maka kompas mendapatkan referral traffic dari republika.com .

3.Social Media

Secara khusus, Google Analytics mendeteksi refferal traffic dari situs-situs seperti Facebook, Twitter, Google+ dan sejenisnya sebagai traffic dari social media.

4.Search Traffic

Traffic jenis ini ialah traffic yang datang dari pengunjung yang mengklik hasil pencarian di situs semacam Google, Bing, dan Yahoo!. Ada dua tipe search traffic berdasarkan jenis pencariannya, yaitu paid search yang berasal dari program periklanan Pay Per Click, seperti google Adwords. Dan yang kedua yaitu organic search yang berasal dari pencarian tidak berbayar


Namun ada juga traffic dari sumber yang lain, apa saja jenisnya?

1.Display

Traffic yang berasal dari banner / iklan yang terpasang di website lain.

2.Email

Traffic yang berasal dari aktivitas email marketing. Ini sering sekali teman – teman alami seperti jika kita mendaftar di wordpress maka dalam waktu tertentu kita akan mendapatkan newsletter dari wordpresss kepada kita, dan seperti inilah gambaran traffic dari sumber email, kita akan mengirimkan email newsletter kepada pelanggan kita dan menempatkan link ke website kita. Visitor itulah yang dikategorikan sebagai traffic email.

Posting Komentar untuk "Apa itu Traffic Sources"

Kelas Digital Marketing
Kelas Digital Marketing