Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelas Digital Marketing

Moderator Pembekalan PPL Mahasiswa Pendidikan Biologi Tahun 2015


Minggu, 7 Juni 2015 saya berkesempatan untuk memandu jalannya Pembekalan Program Pengalaman Lapangan (PPL) untuk mahasiswa dan mahasiswi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan tahun 2015. Dalam Acara ini hadir Kaprodi Pendidikan Biologi beserta dosen  dan Alumni sebagai narasumber pada acara tersebut.

Dalam acar ini dibagi menjadi tiga sesi  pembekalan. Pembekalan pertama yaitu tentang persiapan mengajar dan hal-hal yang perlu diantisipasi ketika nanti mahasiswa melakukan PPL di tingkat Sekolah Menengah Pertama yang disampaikan oleh  Timtim Alip Wicaksono, S.Pd.. Pembekalan kedua disampaikan oleh Candra Murti, S.Pd. yang menyampaikan masalah tentang permasalahan  ketika PPL di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Pembekalan terakhir disampaikan oleh Kaprodi Pendidikan Biologi, H. Muhammad Joko Susilo, M.Pd. yang menyampaikan tentang tata tertib dan etika yang nantinya harus ditaati ketika mahasiswa dan mahsiswi diterjunkan disekolah.

Pembekalan PPL ini sangat penting guna memberikan mahasiswa dan mahasiswi pemahaman apa yang nantinya perlu disiapkan ketika diterjunkan di sekolah. Timtim menyampaikan, untuk menjadi seorang guru harus mempunyai jiwa professional dan dapat memberikan rasa nyaman kepada peserta didik di sekolah. Dalam tingkat SMA, “Sebagai seorang guru, nantinya harus mampu memberikan pengertian kepada siswa, karena siswa di SMA lebih hiper aktif daripada siswa SMP”, tambah Candra. Kemudian Kaprodi Pendidikan Biologi, H. Muhammad Joko Susilo, M.Pd., menambahkan bahwa nantinya ketika mahasiswa dan mahasiswi Pendidikan Biologi diterjunkan harus menaati seluruh peraturan yang ada di sekolah dan beretika baik di dalam sekolah. Jangan sampai nantinya, ketika diterjunkan di sekolah membuat hal-hal yang dapat merugikan pihak sekolah maupun pihak Universitas Ahmad Dahlan.


Saya berharap, dengan adanya pembekalan ini nantinya mahasiswa dan mahasiswi Pendidikan Biologi tahun 2015 ini akan lebih siap ketika diterjunkan. Mambawa nama baik Prodi Pendidikan Biologi dan Universitas di lingkungan masyarakat pendidikan.

Posting Komentar untuk "Moderator Pembekalan PPL Mahasiswa Pendidikan Biologi Tahun 2015"

Kelas Digital Marketing
Kelas Digital Marketing