Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelas Digital Marketing

SEMUA BERPROSES DAN TIDAK ADA KESUKSESAN


Jumat, 25 Agustus 2017 saya mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian di hadapan para penguji. Sidang tesis dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta, gedung pascasajana baru lantai 3 ruang 19, pukul 09.00-10.30. Penguji sidang tesis, yaitu Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. (ketua penguji), Dr. Insih Wilujeng, M.Pd. (sekretaris penguji), Prof. Dr. Abdul Gafur, M.Sc. (pembimbing), Prof. Dr. Djukri, M.S. (penguji utama).

Acara dibuka oleh ketua penguji dan dilanjutkan presentasi hasil penelitian. Saya mempunyai waktu untuk mempresentasikan sekitar 15 menit. Alhamdulillah, semua konten presentasi yang sudah disiapkan dapat saya sampaikan sesuai dengan rencana penyajian. Setelah presentasi selesai, penguji utama menanyakan beberapa hal mengenai hasil penelitian saya. 

Jenis penelitian saya merupakan penelitian pengembangan dengan judul “Pengembangan Model Blended Learning dengan Pendekatan Cooperative Mata Kuliah Ilmu Lingkungan pada Program Studi S1 Pendidikan Biologi”. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan yang merupakan almamater S1 saya. Penelitian yang saya lakukan bermula dari hasil pengamatan dan observasi pembelajaran di  Prodi Pendidikan Biologi khususnya mata kuliah Ilmu Lingkungan. 


Proses menjadi hal penting dalam suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dengan optimal. Model pembelajaran merupakan bagian dari suatu proses pembelajaran yang bertujuan untuk menyajikan kegiatan-kegiatan dari awal sampai akhir pembelajaran. Terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan oleh dosen atau mahasiswa selama melakukan pembelajaran. Produk akhir dari penelitian saya yaitu berupa buku panduan pembelajaran untuk mahasiswa dan dosen pada mata kuliah Ilmu Lingkungan di semester VI.

Aspek-aspek yang menjadi penelitian saya telah divalidasi oleh beberapa ahli yang membidangi materi pelajaran Ilmu Lingkungan, desain model pembelajaran, dan media e-learning. Aspek-aspek tersebut menjadi kunci utama keberhasilan penelitian saya mengenai pengembangan model pembelajaran. Hasil validasi dari seluruh aspek menunjukkan hasil yang “sangat baik” dengan nilai 3,15-3,50 menggunakan skala 4 Linkert.

Ujian berlangsung kurang lebih selama 1 jam. Masukan-masukan dari penguji yang lain menyinggung bagian-bagian tata penulisan yang seharusnya dan mengurangi beberapa konten literatur yang terlalu banyak. Proses revisi saya lakukan selama dua hari di hari Sabtu dan Minggu,  26-27 Agustus 2017. Hari Senin, 28 Agustus 2017 saya menghadap penguji utama untuk menyampaikan hasil perbaikan dan masukan dari sidang tesis, Alhamdulillah hasil perbaikan langsung disetujui. Tanggal 30 dan 31 Agustus saya menghadap sekretaris penguji, pembimbing, ketua penguji, dan direktur pascasarjana UNY untuk melengkapi lembar pengesahan tesis. Puji syukur kepada-Nya atas segala kelancaran yang saya jalani.

Banyak hal yang dapat saya petik dari proses kuliah dan penyelesaian penelitian tesis. Semua bagian mempunyai nilai-nilai tersendiri. Kesempatan menjadi pokok bahasan dalam hal ini, kesempatan pola temu yang diberikan oleh Allah melalui utusan-utusan ciptaan-Nya, semua berperan dalam setiap langkah yang saya jalani. Setiap hal menjadi pelajaran dan pemaknaan. Dalam mencari Ilmu tidak ada suatu kesuksesan, semua berproses terus menerus tidak ada titik pencapaian karena akan ada suatu hal yang tidak kita ketahui. Hanya sedikit yang dapat kita ketahui melalui beberapa informasi, simbol-simbol, tanda, dan pesan. Selebihnya masih harus dipelajari dan dimaknai untuk sampai pada taraf pemaknaan dari setiap hal
.

Posting Komentar untuk "SEMUA BERPROSES DAN TIDAK ADA KESUKSESAN "

Kelas Digital Marketing
Kelas Digital Marketing