Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelas Digital Marketing

Pelepasan Mahasiswa dalam sebuah (Personal Branding)



Tak terasa kini sudah di penghujung waktu. Hari ini kami yang akan wisuda di bulan Agustus ini akan di lepas dari kampus (13/08/2014). Bertempat di Auditorium Kampus II UAD, sekitar pukul 08.00 WIB (Waktu Indonesia Barat), kami sudah berkumpul untuk menanti acara pelepasan tersebut.

Dalam acara ini banyak disampaikan hal-hal yang nantinya akan menjadi bekal bagi kita semua terutama saya. Motivasi tentang cara menyikapi waktu yang akan datang tentunya menjadi topik yang menarik. Begitu narasumber menyampaikan kalimat-kalimat yang menggugah jiwa, kami pun antusias menyimak apa yang disampaikan.  Hal ini memang perlu, mengingat ke depan mahasiswa yang dilepas akan menghadapi dunia persaingan. Persaingan yang begitu ketat dalam kancah dunia pendidikan atau pun di luar dunia pendidikan itu sendiri.

Kami sebagai lulusan dari dunia pendidikan ini, diharapkan nantinya menjadi pendidik yang berkarakter dan berkharisma untuk menciptakan kelas inspirasi. Tentunya ini tidak mudah untuk dilakukan. Masih banyak yang perlu dipersiapkan. Bangku kuliah tidak cukup untuk mengcover hal tersebut.

Sebagai generasi yang nantinya akan terjun diunia pendidikan (InsayAllah), maka perlu persiapan-persiapan yang matang. Tak hanya di bidang ilmu disiplin yang ditempuh, tetapi juga perlu ada hal lain untuk mewujudkan pendidik yang berkarakter  tadi. Hal-hal tersebut seperti jiwa kepemimpinan, mempunyai performa dan integritas, sikap dan komitmen yang baik, bakat, serta pengetahuan yang mumpuni.

Nah, untuk dapat menciptakan kelas inspirasi, sebagai pendidik harus mempunyai personal branding. Apa itu personal branding? Personal branding artinya diri kita mempunyai daya tarik tersendiri, diri kita mempunyai nilai jual, dalam artian bukan nilai jual komoditas. Personal branding di sini mempunyai arti bahwa diri kita yang nantinya akan menjadi pendidik ini perlu mempunyai sikap yang aktiv, persuasive, energic, dan leadership model. Dengan itu semua maka personal branding kita akan baik kalau hal itu terus diasah.

Pribadi kita memiliki banyak potensi yang terpendam, dan harus dioptimalkan seiring dengan berjalannya waktu. Jangan menunggu hingga waktu kita habis untuk berbuat yang terbaik.

Menjadi pendidik yang berkarakter tidak lah instan. Perlu proses yang panjang dan membutuhkan jam terbang yang tinggi. Maka perlunya pengalaman-pengalaman dan latihan, seperti melatih rasa percaya diri dalam mengajar. Melatih performance dan sikap positif. Menggali keunikan dalam diri. Semua itu perlu dilakukan, jika kita ingin menjadi pendidik yang berkarater seperti yang disampaikan tadi. 

Posting Komentar untuk "Pelepasan Mahasiswa dalam sebuah (Personal Branding) "

Kelas Digital Marketing
Kelas Digital Marketing