Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelas Digital Marketing

Proses Penulisan

Ini sedikit cerita saya tentang perjalanan menuju tugas akhir. Bagi mahasiswa tugas akhir merupakan jalan yang harus ditempuh, begitupun dengan saya. Ini merupakan kesempatan bagi saya untuk mengambil sebuah keputusan tentang karya apa yang akan saya kerjakan. Walaupun ini bukan hal hidup mati, tetapi ini memerlukan pemikiran dan keputusan yang harus matang.

Awalnya masih belum terpikirkan tema penelitan apa yang akan diambil. Judul apa yang akan ditulis. Penelitian seperti apa yang akan dijalani. Semua belum terbesit di penjuru sel-sel otak ini. Dan semua masih menjadi angan-angan pada waktu itu melihat teman-teman yang sudah mengajukan judul penelitan, harapan saya dapat segera menyusul pada waktu itu.

Hari berganti hari. Semua hari terlewati dengan baik. Tanpa suatu halangan apa pun. Namun, belum terlintas tentang penelitian yang akan dilakukan. Akhirnya dengan segenap tekat dan niat, saya memaksakan sel-sel otak ini untuk mengambil suatu keputusan. Dimulailan pencarian penelitain-penelitian yang sudah dilaksanakan yang akan dijadikan sebagai sumber penelitian yang relevan. Keputusan pun sudah diambil. Penelitan apa yang akan saya ambil.


Sudah dari awal saya berkeinginan untuk mengambil penelitan tentang pendidikan. Masih kontradiksi namun, penelitian pendidikan tentang apa? karena banyak sekali penelitan di dalam dunia pendidikan. Penelitian ini mencakup tentang penelitian evaluasi pendidikan, penelitian tindakan kelas (PTK), manajeman pendidikan sampai penelitian R&D (research and development).

Keputusan selanjutnya adalah menentukan jenis penelitain pendidikan. Sudah menjadi keputusan bulat untuk mengambil tentang R&D. Akhirnya dengan keputusan yang bulat mulailah menyusun draft pengajuan judul penelitian. Sampai akhirnya draft tersebut jadi dan siap diajukan.

Proses pengajuan judul pun tidak terlau banyak halangan dan rintangan. Kebetulan pada waktu itu judul penelitan diterima langsung oleh Penanggung Jawab Sementara Kepala Prodi Jurusan saya. Hanya sedikit yang perlu diperbaiki. Revisi draft pengajuan judul pun terlewati. Sampai akhirnya ditentukan dosen pembimbing yang akan membimbing selama pelaksanaan penelitian saya.

Dengan mengucap syukur, bimbingan pun dapat dilaksanakn dengan baik. Beberapa kali bimbingan dan beberapa revisi, draft proposal menurut dosen pembimbing sudah layak untuk diseminarkan. Saya pun merespon dengan baik tanggapan Beliau. Sampai akhirnya saya tekatkan untuk mendaftar seminar.

Semuanya berlalu, sampai akhirnya tiba dimana saya mendapatkan jadwal untuk seminar. Karena teman-teman seperjuangan saya sudah seminar duluan. Kini tiba saatnya untuk saya. Persiapan untuk seminar pun dilakukan. Smapai hari H dimana seminar dilakukan, semuanya alhamdulillah berjalan dengan lancar. Walaupun terdapat beberapa revisi tentang isi proposal seminar saya, itu bukan lah suatu kendala, hal itulah yang akan menjadikan sebuah isi proposal akan lebih baik dan proses penelitian nantipun semoga dapat berjalan dengan baik pula.

Bulan April sudah memasuki pertengahan bulan. Kini saya baru melaksanakan pembuatan istrumen untuk mendapatkan data untuk penelitian yang akan saya lakukan. Sabil itu terus berjalan, media yang akan saya jadikan media penelitian pun terus digarap dengan tanpa hentinya. Dengan mencari bahan-bahan yang tepat untuk media penelitian, semoga dapat menjadikan karya nyata bagi saya.

Terimakasih untuk semua pihak yang telah membantu tentang pelaksanaan karya yang saya lakukan. Semua ini belum berakhir dan akan saya akhiri pada suatu saat nanti. 

Posting Komentar untuk "Proses Penulisan"

Kelas Digital Marketing
Kelas Digital Marketing