Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelas Digital Marketing

LANGKAH PANJANG SETELAH WISUDA



Alhamdulillah, saya dapat menyelesaikan pendidikan strata dua (S2) di Universitas Negeri Yogyakarta. Studi yang saya tempuh yaitu Program Studi Teknologi Pembelajaran yang membidangi desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi sumber dan proses belajar. Lama masa studi saya selama 2 tahun 3 minggu. Saya masuk menempuh awal perkuliahan pada bulan Agustus 2015, ujian tesis pada Agustus 2017, dan yudisium pada bulan September 2017. Saya diwisuda pada hari Sabtu, 7 Rabiul Awal 1439 H / 25 November 2017 bertepatan dengan peringatan hari guru.

Banyak pengalaman, pengetahuan, dan ilmu yang saya dapatkan dan terapkan dalam bidang pembelajaran, khususnya pada pendidikan dan pembelajaran biologi. Hal ini berkaitan erat dengan pendidikan yang saya tempuh sebelumnya, yaitu Pendidikan Biologi. Ilmu-ilmu yang saya dapatkan di Teknologi Pembelajaran dapat saya terapkan untuk mengembangkan berbagai macam kegiatan pembelajaran, hal ini didukung dengan hasil penelitian yang saya lakukan dengan mengembangkan dan menerapkan pembelajaran secara tatap muka dan pembelajaran daring  (dalam jaringan) atau sering disebut dengan istilah Blended Learning.

Wisuda bukan merupakan akhir dari seorang manusia berhenti belajar. Setelah wisuda, banyak yang harus dilakukan, dipelajari, dikembangkan, dan diterapkan dengan bekal pengalaman, pengetahuan, dan ilmu yang telah didapatkan selama proses pembelajaran. Setelah wisuda banyak tantangan yang akan dihadapi. Perkembangan teknologi dalam berbagai bidang akan memberikan manfaat dan dampak yang harus selalu dicermati dengan baik, mana yang seharunya dan tidak seharusnya diterapkan dalam pembelajaran maupun proses kehidupan yang lain. Generasi saat ini (Generasi Milenial) dituntut untuk dapat berpikir kritis, kratif, dan solutif untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapinya.

Tantangan-tantangan baru akan selalu dihadapi di tahun-tahun mendatang. Banyak inovasi-inovasi yang akan bermunculan. Banyak permasalahan-permasalah baru yang juga tidak mudah untuk dihadapi. Di sini, bermodalkan pengalaman, pengetahuan, dan ilmu-ilmu yang didapatkan selama perkuliahan tidaklah cukup. Diri ini harus kuat, baik jiwa dan jasmaninya dalam menghadapi perkembangan dan permasalahan dalam berbagai bidang, khusunya dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Tugas utama dalam pendidikan dan pembelajaran adalah menghasilkan orang-orang yang berilmu dan beradab sehingga dapat mengemban tugas dan misi sebagai seorang khalifah untuk mengelola dengan sebaik-baiknya hal yang dihadapinya.

Jalan panjang akan selalu dihadapinya. Mengetahui langkah yang akan dilakukannya. Mengetahui jarak yang akan ditempuhnya. Tentu hal ini tidak hanya dari modal-modal materi untuk menyelesaikannya. Banyak hal yang arus dipelajari kembali dari masa lampau, sejarah-sejarah pengetahuan, dan ilmu-ilmu yang sudah ada untuk menghadapi langkah-langkah panjang selanjutnya. Menelisik pesan-pesan dari Sang Pencipta merupakan kunci utama dalam meramu pengalaman, pengetahuan, dan ilmu menjadi sebuah langkah peradaban yang baik, bermartabat, dan penuh keadilan. Jejak-jejak yang ditinggalkan oleh Kanjeng Nabi Muhammad saw. juga menjadi mata rantai peradaban manusia yang harus dijunjung dengan setinggi-tingginya. Hingga akhirnya, peran Teknologi Pembelajaran akan memberikan salah satu kemudahan bagi seseorang untuk belajar dan mempelajari berbagai hal dalam mewujudkan bentuk khilafah, minimal dalam dirinya sendiri.

Posting Komentar untuk "LANGKAH PANJANG SETELAH WISUDA"

Kelas Digital Marketing
Kelas Digital Marketing