Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelas Digital Marketing

Pelatihan Media Pembelajaran Sains

Suasana pelatihan di Ruang LTPS UAD
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar agar peserta didik aktifdalam proses pembelajaran. Selain itu, pendidikan juga merupakan usaha untuk mentransfer ilmu. Bagi seorang pendidik harus mampu mengupayakan hal semacam ini (mentransfer ilmu dengan baik). 

Bagaimanan caranya? Sebenarnya banyak sekali usaha untuk mentransfer ilmu dari seorang pendidik kepada peserta didik. Baik secara langsung ataupun menggunakan media. Media ini sangat penting untuk digunakan  karena mampu memberikan gambaran apa yang disampaikan oleh pendidik. 

Dengan adanya media ini sesuatu yang tidak dapat dilihat secara kasat mata dapat divisualisasikan, ataupun untuk mempermudah gambaran tentang sesuatu yang didapatkannya.

Media yang digunakan pun beragam, dapat berupa media cetak maupun non cetak. Media cetak ini dapat berupa buku, modul, handout, LKS, poster, ataupun leaflet. Sedangkan media non cetak dapat berupa video, blog, suara, dan lain sebagainya. Tentunya dalam membuat media semacam itu perlu ketrampilan untuk membuatnya.

Bertempat di LTPS (Laboratirium Teknologi Pembelajaran Sains) saya dan rekan-rekan asisten melakukan workshop tentang media pembelajaran. LTPS ini bagian dari Universitas Ahmad Dahlan yang berkecimpung di dalam pengembangan media pembelajaran, khusunya dalam bidang sains. Workshop ini bertujuan untuk menyiapkan dan memedah berbagai media yang akan diajarkan kepada mahasiswa/siswi.

Workshop ini berlangsung selama 2 hari (24-25 September 2014) dari pukul 08.00 sampai 17.00. Banyak sekali media yang dipersiapkan dan diulas. Nantinya dalam proses praktikum akan diajarkan bagaimana membuat berbagai macam media pembelajaran, seperti pembuatan video pembelajaran yang menarik dari awal proses penyuntingan video, editing, sampai meremix video. 

Selain itu juga akan diajarkan bagaimana mebuat web pembelajaran, media android pembelajaran, poster, pembuatan grafik dengan gnuplot, pengembangan PPt (Power Point) dan excel simulation. Karena sangat penting membekali mahasiswa/siswi dengan materi media pembelajaran agar kedepan mahasiswa dapat berinofasi dan kreatif dalam membuat media pembelajaran dalam proses pendidikan.

Posting Komentar untuk "Pelatihan Media Pembelajaran Sains"

Kelas Digital Marketing
Kelas Digital Marketing